07.09
2021
512 Tambang Timah Berpotensi Garap Harta Karun Super Langka
Photo by Ivan Bandura on Unsplash

512 Tambang Timah Berpotensi Garap Harta Karun Super Langka

Indonesia memiliki "harta karun" super langka yang belum digarap sama sekali. Padahal, dunia berlomba-lomba mencari "harta karun" super langka ini karena manfaatnya begitu besar di era modern saat ini.

"Harta karun" terpendam ini bernama logam tanah jarang (LTJ) atau Rare Earth Element. Komoditas ini dinamai logam tanah jarang karena didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa keberadaan logam tanah jarang ini tidak banyak dijumpai. Namun pada kenyataannya, LTJ ini melimpah, melebihi unsur lain dalam kerak bumi.

Banyaknya negara yang mengincar logam tanah jarang ini bukan tanpa alasan, karena di tengah kemajuan teknologi saat ini, logam tanah jarang ini sangat dibutuhkan. Logam tanah jarang merupakan bahan baku peralatan teknologi, mulai dari baterai, telepon seluler, komputer, industri elektronika hingga pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/ Angin (PLTB). Selain itu, bisa juga untuk bahan baku kendaraan listrik hingga industri pertahanan atau peralatan militer.

Sumber : CNBC Indonesia